Mimpi Ke Luar Negeri Lebih Mudah dengan Program AU PAIR

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
06 Apr 2015
Mimpi Ke Luar Negeri Lebih Mudah dengan Program AU PAIR

Sumber: https://aupairbuzz.culturalcare.com/wp-content/uploads/AuPairWinter-700x341.jpg

Au Pair merupakan sebuah program untuk para pelajar (dengan list beberpa negara, termasuk Indonesia) berusia 18 s.d 30 tahun untuk menuntut ilmu di luar negeri. Au pair dalam bahasa Prancis berarti balas jasa, program ini dirancang untuk mereka yang ingin memperdalam pengetahuan akan negara yang dituju.

Selama belajar di negara tujuan, mereka akan tinggal bersama sebuah keluarga penduduk lokal. Namun, siapa pun yang diterima haruslah bekerja sebagai basal jasa dari fasilitas tempat tinggal yang mereka dapat. Tugas para siswa yang mengikuti program Au Pair adalah mengerjakan pekerjaan rumah seperti kebersihan, menjaga anak, dan lain sebagainya.

Durasi program ini biasanya mulai dari 3 sampai dengan 12 bulan, para calon peserta diharuskan memiliki sertifikat bahasa yang levelnya ditentukan oleh masing-masing negara. Para siswa juga akan mendapatkan uang saku 65-100 euro perminggu dari para pemilik rumah sebagai tanda terima kasih atas jasa yang telah diberikan.

Biasanya, untuk pemberangkatan diawal para siswa harus mempunyai dana sendiri, seperti transportasi dan administrasi lainnya. Host family tidak akan mengeluarkan biasa untuk sang Au Pair pilihannya. Namun, mereka bersedia untuk menjemput sang Au Pair ketika sampai di negara tujuan.

Sesampainya di negara tujuan, kewajiban dari para siswa bekerja di dalam rumah 4-5 jam per-hari. Terkait jadwal kursus bahasa atau bahkan kuliah, biasanya telah dibicarakan diawal. Jika beruntung mendapatkan host family yang baik para siswa akan diurus hingga keperluan belajar di sana.

Saat ini banyak agen Au Pair yang membuka jasa untuk menyambungkan niat para siswa ke luar negeri, dengan mempertemukan dengan host family yang membutuhkan. Yang perlu diingat para siswa harus lah selektif dalam memilih rumah dan keluarga yang akan ditinggali nantinya, karena jika tidak tepat maka akan sangat bermasalah untuk proses belajar disana.

Saat ini, tersedia banyak milis dan agen serta sosial media yang akan menjelaskan banyak hal tentang Au Pair, para siswa bisa mencari di internet untuk mendapatkan setiap informasi yang dibutuhkan.

Ada yang mengatakan program Au Pair sama dengan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri. Namun, hal ini jelas berbeda! Au Pair memang dikonsep para siswa harus bekerja, namun di sini para siswa bukan bersifat sebagai asisten rumah tangga yang harus mengerjakan segalanya.

Para siswa yang berasal dari program ini, selayaknya sebuah keluarga dengan penghidupan yang layak. Makan malam di tempat makan secara bersama dan tidur dengan kamar yang layak juga. Para siswa selayaknya keluarga baru bagi mereka, dan jam kerja juga dibatasi. Kesempatan untuk belajar juga terbuka lebar untuk mereka yang datang melalui program Au Pair.

Tidak banyak negara-negara yang menerima para siswa melalui program Au Pair, ada juga negara yang sangat selektif dalam menerima siswa. Biasanya untuk Indonesia banyak sekali bermukim di negara Jerman, Prancis, dan Belanda. Pada ketiga negara itulah, terutama Jerman penyaluran siswa dari program Au Pair disalurkan.

Berbekal bahasa asing yang baik dengan dibuktikan oleh sertifikat yang dimiliki, seseorang bisa ke luar negeri sambil bekerja. Au Pair dapat menjadi batu loncatan bagi kalian yang ingin merasakan kuliah atau kursus di luar negeri, mengenal budaya, dan kehiduapannya. Bahkan kalian tidak usah repot-repot untuk mencari atau membayar tempat tinggal, makan, dan menjamin kehidupan disana.

Dengan Au Pair para siswa akan mendapatkan fasilitas tempat tinggal dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Tidak lupa uang saku tiap minggu dari hasil kerja yang sudah di lakukan oleh para siswa. Tunggu apa lagi buruan daftar dan pelajari programnya.


Gud Lak Kids!