Keseruan Acara Study Trip Bali 2017 Bersama Alsa Indonesia

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
02 Jan 2018
Keseruan Acara Study Trip Bali 2017 Bersama Alsa Indonesia

Welcoming Dinner



Welcoming dinner merupakan event yang dilakukan saat hari pertama Study Trip Bali 2017, tepatnya pada hari Minggu, 19 November 2017. Event ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyambut kedatangan delegasi. Kegiatan berlangsung di Ballroom Hotel Sunset, Kuta.  Walaupun acara berlangsung di dalam ruangan, namun tidak mengurangi susana malam yang indah dengan hiasan lampu-lampu yang berkelap-kelip di ruangan, dengan dominasi warna putih, dan silver. Baik delegasi maupun panitia mengenakan baju bernuansa hitam yang classy.

Kegiatan berlangsung meriah, yang mana acara diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, kemudian dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Sekar Jempiring yang dipersembahkan sebagai tari penyambutan atas kedatangan seluruh delegasi maupun tamu undangan ke Bali. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pengenalan national chapter, dari negara Jepang, Thailand, dan indonesia.

Setelah pengenalan national chapter yang dilakukan dengan antusias, acara pun dilanjutkan dengan makan malam bersama dengan menu khas Indonesia. Tidak lupa diiringi dengan pertunjukan live music oleh ALSA MUSIC dari Local Chapter Universitas Udayana, dan tidak hanya itu, suasana suka cita antara delegasi dan panitia acara ST pun sangat terasa, semua menyanyi dan menari bersama-sama. Sehingga rasa kebersamaan antara delegasi dan panitia di acara welcoming dinner ini sangat kental terasa.

Setelah acara makan malam usai, Master of Ceremony pun memberikan informasi kepada delegasi bahwa dari ALSA Indonesia melalui Study Trip mengajak seluruh delegasi untuk melakukan chairity dalam membantu kaum difabelitas melalui organisasi PUSPADI, dimana organisasi ini merupakan organisasi yang membuat barang-barang maupun alat bantu untuk kaum difabelitas yang membutuhkan, sehingga ALSA Indonesia berharap partisipasi dari tiap delegasi untuk memberikan dana secara sukarela melalui PUSPADI

Usainya charity video dari ALSA Indonesia mengakhiri Welcoming Dinner Study Trip Bali 2017,  dari tiap delegasi dipersilakan untuk meninggalkan ballroom dan beristirahat, karena tiap delegasi harus menyiapkan diri mereka untuk rangkaian acara Study Trip Bali 2017 yang telah dijadwalkan esok harinya!

Academic Activity

Rangkaian acara academic activity dilaksanakan pada hari ke dua. Kegiatan academic dilaksanakan di kampus Fakultas Hukum Universitas Udayana Bukit Jimbaran. Cuaca di Bukit Jimbaran sangat cerah, terik matahari yang menyengat sangat berbeda dengan udara di Negara asal Fumi dan Kento yaitu Jepang yang sangat sejuk. Academic Activity kali ini dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama adalah para delegasi mengikuti perkuliahian biasa bersama teman-teman yang menjalani perkuliahan Bahasa Inggris Hukum saat itu. Reaksi ketiganya sangat antusias mengikuti perkuliahan tersebut. Perkuliahan tersebut dilaksanakan selama 90 menit. Kegiatan selanjutnya adalah Sharing Culture, kegiatan ini dilaksanakan di coffee shop yang terdapat di dalam kampus Fakultas Hukum. Kegiatan ini berisikan sharing kebudayaan antara delegasi, bagaimana pendidikan disana, pemerintahannya disana, dan masih banyak lagi yang dibahas. Fumi pun mengatakan academic activity ini menyenangkan, karena merasakan langsung bagaimana kegiatan belajar mengajar, hingga sharing kebudayaan yang kita miliki.

Cultural Night


Cultural Night merupakan salah satu dari rangkaian acara Study Trip Indonesia 2017. Cultural Night berlangsung pada hari kedua, Senin, 20 November 2017. Acara Cultural Night berlangsung di Art Center (Taman Werdhi Budaya) yang merupakan salah satu objek wisata terkenal dengan tempat pergelaran budaya yang paling luas dan paling kompleks di Bali, dimana Pesta Kesenian Bali diadakan tiap tahunnya.

Dalam kegiatan Cultural Night Study Trip Bali, acara dibuka oleh Master of Ceremony, kemudian dilanjutkan dengan penampilan Tari Bali Merak Angelo. Tari ini menceritakan tentang burung merak jantan yang dengan bangganya memamerkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna – warni seraya meliuk – liukan badannya dengan maksud menarik perhatian si burung merak betina. Penari - penari begitu terlihat cantik dan anggun dengan riasan meraknya di atas panggung, terlebih lagi cahaya lampu yang menyorot ketiga penari merak serta lantunan gamelan bali yang mengalun mengiringi sang penari, sehingga vibrasi maupun wibawa dari Tarian Merak Angelo tersebut begitu tersampaikan bagi siapapun yang melihatnya.

Setelah Tari Bali Merak Angelo, acara dilanjutkan dengan Cultural Night Fashionshow. Pada sesi ini hampir seluruh panitia terkait berjalan di atas panggung Wantilan untuk memperagakan busana kultur khas Indonesia yang diantaranya batik maupun kebaya. Setelah Cultural Night Fashionshow acara dilanjutkan dengan makan malam bersama diiringi dengan lantunan lagu-lagu Bali. Setelah sesi makan malam bersama, acara kembali dilanjutkan dengan penampilan persembahan dari delegasi. Tiap delegasi dipersilahkan untuk memberikan persembahan apapun yang diinginkan, dapat berupa tarian, nyanyian, dan bahkan drama, namun sebagian besar delegasi memilih untuk mempersembahkan nyanyian dari bahasa negara mereka masing-masing. Setelah penampilan persembahan dari tiap delegasi Study Trip usai, berakhir pula rangkaian dari acara Cultural Night Study Trip Bali 2017

City Trip


Rangkaian acara city trip dimulai dari mengunjungi kawasan ubud. Para panitia dan delegasi berjalan beriringan menggunakan beberapa mobil untuk sampai di tujuan wisata pertama yaitu goa gajah. panitia dan para delegasi mengambil beberapa foto di goa gajah bahkan para delegasi begitu serius ketika mendengar sejarah tentang asal mula tempat wisata goa gajah oleh seorang guide. tidak hanya sampai disana, panitia mengajak para delegasi untuk mengunjungi bukit campuhan yang kira-kira butuh waktu 45 menit dari lokasi pertama.di bukit campuhan, delegasi menaiki ayunan sambil berfoto dan mereka pun sempat berkata akan mengunjungi tempat itu kembali lain kali. Terakhir, delegasi diajak untuk mengunjungi pura taman saraswati yang berada di pusat kota, disana para delegasi juga begitu antusias melihat begitu banyak teratai dan bangunan khas bali.

Amazing Race



Para delegasi dibagi ke dalam dua tim yang berbeda untuk menyelesaikan beberapa misi yang telah diberikan panitia kemudian mereka harus bermain games terakhir di pantai kuta. Kedua tim sangat antusias karena permainan yang diberikan berupa permainan yang beragam yang biasa dimainkan dalam acara 17an. Dimulai dari permainan balap karung, memindahkan kelereng dengan sendok sambil berjalan mundur, memasukan paku ke dalam botol hingga memakan kerupuk. Panitia dan para delegasi berbaur dalam kegembiraan dan acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada salah satu tim yang berhasil memenangkan games.

Farewell dinner


Farewell Dinner merupakan rangkaian acara terakhir dari Study Trip Bali 2017, sehingga dalam acara farewell panitia tentu berusaha yang terbaik untuk meninggalkan kesan yang manis dengan tiap delegasi.

Acara farewell dinner dilaksanakan pada hari Rabu, tanggal 22 November 2017, di Oceana Restaurant, Tuban. Acara diawali dengan pembukaan oleh Master of Ceremony, setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Project Officer, President of ALSA Indonesia, dan International Board. Setelah sambutan selesai, acara dilanjutkan dengan makan malam bersama, dimana pilihan menu makan malam pada farewell dinner terdapat sentuhan seafood, mengingat Oceana Restaurant memfasilitasi pemandangan pantai yang indah, sehingga menciptakan perpaduan yang sangat harmoni diantara keduanya.

Makan malam diiringi dengan alunan melodi dari ALSA MUSIC, dan disini setiap delegasi dipersilahkan untuk bernyanyi dengan iringan musik maupun juga dengan panitia Study Trip Bali 2017. Semua terlihat antusias, bernyanyi bersama, tertawa bersama, semuanya menjadi satu, keluarga besar ALSA.

Setelah makan malam dan live music, akhirnya tiba saatnya penutupan, setiap delegasi maupun panitia masing-masing membawa lilin, menyanyikan lagu ALSA Anthem bersama dan menerbangkan lampion sebagai simbol harapan keluarga besar ALSA kedepan. Semuanya bernyanyi dengan hikmat, menikmati kata tiap kata dari lantunan lagu ALSA Anthem. Setelah lampion pada akhirnya diterbangkan, kembang api pun dilepaskan, sehingga langit penuh dengan cahaya warna warni dari kembang api yang indah di langit malam

Semuanya bahagia dan bersorak menikmati indahnya warna-warni kembang api, setelah kembang api usai, seluruh peserta maupun panitia dipersilahkan untuk mengambil kenang-kenangan terakhir, yaitu dengan melakukan sesi foto bersama, mengakhiri perjalanan yang walau hanya sebentar dan dikemas dengan sederhana namun sungguh memberikan kesan.

 

Terimakasih Study Trip Bali 2017!