Diskusi Publik dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Warga Disabiitas yang di gelar bersama Yayasan Pilar Purbalingga dan Alsa LC Unsoed

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
02 Jan 2018
Diskusi Publik dan Pelatihan Kewirausahaan Bagi Warga Disabiitas yang di gelar bersama Yayasan Pilar Purbalingga dan Alsa LC Unsoed

Alsa (CLCC) Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, Jawa Tengah menggelar Seminar Hukum dan Pelatihan Kewirausahaan bagi warga Disabilitas Purbalingga.

 

Ada dua kegiatan yang di gelar di Ruang Operational Room AdiGuna Pemda Purbalingga Komplek Pendopo Dipakusuma Purbalingga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI).

 

“Sebelumnya pada tanggal  3 Desember 2017 telah digelar acara sosialisasi hak-hak ketenagakerjaan bagi warga disabilitas di Alun-Alun Purwokerto terkait Pra Event yang kami laksanakan dan kami pun juga bekerja sama oleh CIMSA Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Purwokerto terkait kesehatan gratis yang diberikan olehnya,dan kita juga kedatangan kaum SLB B Yakut dari Purwokerto serta kedatangan bintang tamu yang mengisi acara kami dan di acara kami menampilkan berbagai macam kelebihan dari anak anak SLB B Yakut seperti pembacaan puisi,senam maumere,pantomim,kenthongan,dance serta keterampilan yang mereka buat kita bagikan hasilnya kepada masyarakat . Dan ditanggal 9 Desember 2107 diadakan Diskusi Publik atau Seminar Hukum, digelar juga pelatihan kewirausahaan pemanfaatan kertas Koran bekas."

 

Hak pekerjaan, kewirausahaan, dan koperasi bagi warga Disabilitas itu, lanjutnya, dijamin oleh UU No 8 tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas pada pasal 11.

 

“Dari kegiatan tersebut, kami juga berusaha menerapkan dua pilar aksi Alsa clcc Unsoed. Yaitu  social responsibility atau tanggungjawab sosial dan legal skilled atau keterampilan kepada public, khususnya warga disabilitas."

 

 Diskusi Publik dan Pelatihan Kewirausahann yang di gelar bersama Yayasan Pilar Purbalingga dan Alsa clcc Unsoed itu, bertujuan memberi wawasan perihal permasalahan hukum dan sosial pada lingkup pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas, yang disertai solusi aplikatif.

 

“Kemudian, untuk kegiatan kewirausahaan, penyandang disabilitas juga masih sering menghadapi kesulitan. Karena sebagian dari mereka masih belum memiliki pengetahuan yang cukup. Maka dari itu, seyogyanya para penyandang disabilitas mendapatkan pengetahuan mengenai kewirausahaan,dan disini ALSA LC UNSOED mencoba memberikan sedikit olesan manis terhadap mereka melalui mebuat berbagai keterampilan yang dilakukan.

 kegiatan ini menghadirkan enam narasumber. Yaitu :

1.Prof. Dr. Tri Lisiani Prihatinah., SH, MA ,PhD. Selaku Guru Besar Hukum Perdata Unsoed Purwokerto.

2. Tukimin SH, Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Dinas Tenaga Kerja Purbalingga.

3  Sri Wahyuni . Ketua Yayasan Pilar Purbalingga.

4.Drs Imam Sudjono, Kepala Dikop UKM Purbalingga.

5. Drs.Gunawan selaku motivator untuk kaum disabilitas,dan

6. Ibu Nandang berasal dr LKP Pengusaha Konveksi dari Cilacap

 

“Dan tema kegiatan kali ini adalah equality for humanity" dan acara tsb juga dihadiri berbagai macam mahasiswa dari purwokerto diantaranyaa UMP,Unwiku,dan IAIN Purwokerto serta undangan yang dihadiri berbagai masyarakat sekitar Purbalingga, Jawa Tengah.

Berikut foto kemeriahan acara tersebut: