ALSA CLCC 2017 Di Palembang (WUJUDKAN KESETARAAN, UPAYAKAN PERSAMAAN)

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
02 Jan 2018
ALSA CLCC 2017 Di Palembang (WUJUDKAN KESETARAAN, UPAYAKAN PERSAMAAN)

ALSA CLCC merupakan program kerja ALSA National Chapter Indonesia yang diselenggarakan oleh setiap local chapter. ALSA CLCC dilaksanakan untuk mewujudkan dua pilar ALSA yaitu socially responsible dan legally skilled yang dapat dilakukan dalam bentuk satu rangkaian acara. Didalam nya terdapat sosialisasi atau kampanye aksi sebagai cerminan dari socially responsible dan penyuluhan hukum, seminar, workshop sebagai cerminan dari legally skilled yang mana diadakan sesuai dengan kreativitas masing - masing Local Chapter dalam pelaksanaan ALSA CLCC ini.  

Di Indonesia, hukum dalam isu disabilitas tidak banyak berkembang. Hal itu menjadikan penyandang disabilitas masih masuk dalam obyek kebijakan yang hanya fokus kepada kesejahteraan, kesehatan, dan program santunan. Kondisi itu membuat penyandang disabilitas menjadi bagian yang terpisahkan dari masyarakat secara umum, yang kemudian mencederai prinsip persamaan (equality). Maka CLCC ALSA Local Chapter Universitas Sriwijaya mengangkat tema “Equality for Disabilities”. Maka kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 (dua) rangkaian kegiatan pokok yaitu “Pre Event” pada 3-4 November 2017 dan “Main Event” pada 11 November 2017 yang berlangsung dengan berbagai rangkaian kegiatan yang dilakukan di berbagai lokasi. Berikut deskripsi kegiatannya :

Friday, 3 November 2017 – Self Development

Kegiatan ini beragendakan relaksasi hypnosys, pemutaran video “Great and Inspiring Personalities With Disabilities”, pemaparan materi tentang tujuan hidup dan kemampuan, unjuk bakat, dan pohon impian.




Saturday, 4 November 2017 - Public Hoedown

Kegiatan ini beragendakan Flashmob, mengedukasi masyarakat Kota Palembang serta special performances oleh penyandang disabilitas yaitu musikalisasi puisi dan musik.



Saturday, 11 November 2017 – Public Discussion

 

Diskusi Publik ini bertujuan untuk pencerdasan dan sosialisasi terhadap kesadaran masyarakat dan khususnya mahasiswa tentang pentingnya perlindungan terhadap keberadaan Penyandang  Disabilitas khususnya  pemenuhan kesempatan untuk meraih pendidikan di Perguruan Tinggi.           

Topik pembahasan diskusi publik ini adalah “Kristalisasi Hak Penyandang Disabilitas di Bidang Pendidikan Berdasarkan UU No. 8 Tahun 2016”

                        Kegiatan ini dipandu oleh Moderator yaitu Yessica Diana, S.H. dan narasumber yang kami hadirkan pada diskusi ini adalah:

  • Dosen Fakultas Hukum Universitas Sriwijaya
  1. Achmad Romsan, S.H., M.H., LLM.

Yang membahas “UU No. 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas”

  • Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia Provinsi Sumatera Selatan

Dr. Fahmi Raghib, S.H., M.H.

Yang membahas “Hak dan Kewajiban Penyandang Disabilitas di Bidang Pendidikan”

  • Kepala Seksi Kurikulum dan Peserta didik Pendidikan Khusus Layanan Khusus Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan

Drs. Ekso Winoto, M.M.

Yang membahas “Peran Pemerintah Dalam Pnyelenggaraan Pendidikan Inklusif”

  • Kepala Panti Sosial Bina Daksa Budi Perkasa Palembang

Dra. Teni Tresnayanti

Yang membahas “Kesiapan dan Hambatan Penyandang Disabilitas Dalam Memperoleh Kesempatan  Mengenyam Pendidikan di Perguruan Tinggi”

Seiring berjalannya kegiatan CLCC ini, kami melakukan advokasi secara Non-Litigasi berupa:

  • Penandatangan Petisi Secara Manual dan Online
  • Membagikan Poster
  • Mengedukasi Masyarakat Kota Palembang
  • Menyerahkan Hasil Notulensi Diskusi Publik Kepada Pemerintah dan Pihak Universitas.