ALSA LC Padang Bekerjasama Dengan Pusat Layanan Autis Padang untuk mengadakan Pool Theraphy

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
02 Jan 2018
ALSA LC Padang Bekerjasama Dengan  Pusat Layanan Autis Padang untuk mengadakan Pool Theraphy

Selama ini penyandang disabilitas sangat sulit mendapatkan akses keadilan ketika berproses di pengadilan baik jaminan sarana fisik maupun prosedur hukum yang ‘ramah’. Sarana dan prasana fisik di sejumlah lembaga hukum termasuk pengadilan masih didesain untuk masyarakat umum, belum mengakomodir aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Undang-Undang telah menjamin hak-hak yang harus didapatkan namun dalam pelaksanaan belum dapat diwujudkan seutuhnya dikarenakan banyak faktor. Tidak cukup hanya dengan Undang-Undang dan sarana prasarana saja, Penyandang Disabilitas dihadapkan pada kenyataan yang lebih buruk dari sarana dan prasarana yang belum memadai, penyandang disabilitas harus menerima berbagaimacam hinaan dan stigma negatif yang diberikan oleh masyarakat.

Seminar Umum merupakan bentuk edukasi dalam penerapan Undang-Undang No 8 Tahun 2016 dengan pemateri Pusat Layanan Autis Padang dan Lemabaga Bantuan Hukum Padang. Diskusi ini membandingkan peraturan yang seharusnya dengan kenyataan yang ada dilapangan. Kenyataan bahwa Undang-Undang No 8 Tahun 2016 belum terlaksana dengan baik dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti sarana dan prasarana, hingga kepedulian masyarakat yang kurang menyebabkan terlantarnya hak-hak teman-teman disabilitas. Hal ini bertentangan dengan Undang-Undang Dasar Pasal 28 C yang menyatakan “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupya dan demi kesejahteraan umat manusia”.

Penyembuhan dan penguatan otot-otot lebih efektif dilakukan didalam air dari pada didarat, namun penderita autis memiliki ketakutan terhadap air. Oleh sebab itu ALSA LC Unand bekerjasama dengan Pusat Layanan Autis Padang untuk mengadakan Pool Theraphy yang di adakan pada Gelanggang Olahraga Universitas Negeri Padang.

Pemberian materi Ayo Menabung setelah selesainya Pool Theraphy dalam pemberian meteri tidak digunakan metode persentasi namun personal approach untuk mendekatkan ALSA LC Unand dengan penerima manfaat dan untuk menghindari suasana tegang. Dalam pemberian materi Ayo Menabung diselingi permainan-permainan untuk meningkatkan minat penerima manfaat

Berikut foto-foto kemeriahan Event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017: