ALSA Local Chapter Universitas Brawijaya “Ability in Disability: The Importance between Goals and Dreams”

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
02 Jan 2018
ALSA Local Chapter Universitas Brawijaya “Ability in Disability: The Importance between Goals and Dreams”

ALSA Local Chapter Universitas Brawijaya telah mengadakan acara ALSA Care & Legal Coaching Clinic (CLCC) 2017 yang bertemakan “Ability in Disability: The Importance between Goals and Dreams” pada tanggal 23 November 2017 dan 26 November 2017. Tema yang diangkat terinspirasi dari seorang anak difabel yang memiliki mimpi untuk mengadakan suatu acara yang berkaitan dengan difabel tetapi terhalang karena kekurangan yang ia miliki. ALSA LC UB mendengar kabar itu mencoba untuk mengadvokasi mimpinya dengan menjadikannya project officer untuk acara ALSA UB CLCC tahun ini.

Tujuan dari acara ini adalah untuk membangun kepedulian masyarakat untuk peduli terhadap penyandang difabel khususnya dalam bidang kesetaraan hak untuk mendapatkan pekerjaan bagi masyarakat difabel yang mana sudah diatur dalam Undang- Undang Nomor 8 tahun 2016 tentang difabel, dengan cara melakukan advokasi seperti talkshow yang diadakan pada tanggal 23 November 2017 dengan pembicara diantaranya ibu Ari Pratiwi, S.Ps.,M.psi (Perwakilan dari Pusat Studi dan Layanan Disabilitas UB), ibu Ratih Dheviana Puru HT, S.H.,LLM (Dosen perburuhan FHUB), Bripka Sanda Prasetya (Polisi peduli difabel), ibu Eka Wulandari (Perawakilan dari Ganesha Difabel Indonesia), dan bapak Iwan Kuswardi, S.H (Ketua DPC Peradi Malang Raya), acara talkshow ini dibuka dengan adanya performance anak-anak penyandang difabel dari Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Malang.

Selain membuat talkshow bentuk advokasi lainnya adalah membangun fasilitas untuk difabel di tempat umum seperti ramp, dimana kami disini membangunnya di salah satu masjid dikota Malang yaitu masjid Jend. Ahnad Yani yang berada di dekat Alun-Alun Kota Malang.  Dimulai dari tanggal 24 November 2017 dengan penyerahan surat wakaf untuk membuat ramp kepada pengurus masjid. Lalu pada tanggal 26 November menyerahkan material-material untuk membuat ramp dan mulai pengerjaannya.

Dan juga tujuan dari acara ini adalah untuk menyemangati dan memotivasi penyandang difabel bahwa kecacatan mereka bukanlah suatu halangan bagi mereka untuk menggapai mimpinya, dengan cara mengundang pembicara penyandang difabel untuk memotivasi mereka seperti, Dani Aditya (Standup Comedian), Amanatullah (Pelukis), dan Barata ( Salah satu mahasiswa berprestasi di FHUB) pada tanggal 26 November 2017 di Yayasan Pembinaan Anak Cacat Malang (YPAC). Rangkaian ALSA CLCC ini ditutup dengan performance dari ALSA LC UB dan anak-anak difabel dari YPAC dengan menyanyikan lagu yang memotivasi mereka.

Berikut foto-foto kemeriahan Event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017: