ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin “Raise The Sustainable Life, By Go Beyond Our Dis Ability”

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
02 Jan 2018
ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin  “Raise The Sustainable Life, By Go Beyond Our Dis Ability”

 

Kegiata pertama yaitu ALSA Legal Coaching Clinic diadakan pada tanggal 9 Desember 2017 di Panti Bina Daksa. Kegiatan ini berupa kegiatan penyuluhan hukum dengan tema “Optimalisasi Unit Layanan Disabilitas di Perguruan Tinggi”. Penyuluhan ini dihadiri oleh pihak dekanat Fakultas Hukum Universitas Hasanuddin, petinggi lembaga kemahasiswaan di Fakultas Hukum UNHAS beserta berbagai mitra kerja dan media partner dari ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin. Peserta dari penyuluha ini yaitu perwakilan dari berbagai komunitas atau organisasi penyandang disabilitas yang ada di kota Makassar. Pembicara atau narasumber dari keiatan penyuluhan ini adalah Kepala Dinas Sosisal Kota Makassar, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia wilayah Sulawesi Selatan, dosen Fakultas Hukum Unhas serta dimoderatori oleh salah satu penyandang disabilitas yang tentunya memiliki berbagai prestasi di bidang akademik maupun di bidang non akademik. Kegiatan penyuluha ini bertujuan untuk menyampakain serta mensosialisasikan berbagai unit layanan disabilitas yang sepatutnya didapatkan oleh penyandang disabilitas di perguruan tinggi.

Pembicara-pembicara yang kami hadirkan memberikan gambaran ideal sebagaimana yang tercantum dalam peraturan bahwa perguruan tinggi wajib menyediakan sarana dan prasarana yang dapat memudahkan penyandang disabilitas yang sedang mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. Penyuluhan ini juga memberikan kesempatan bagi peserta untuk menyampaikan aspirasi ataupun sesuatu yang dianggapnya tidak berkesesuaian dengan apa yang sepatutnya. Dalam penyuluhan ini pula, dibuat petisi yang berisikan berbagai tuntutan atas diskusi dari penitia pelaksana dan peserta yang berasal dari komunitas dan organisasi penyandang disabilitas serta berbagai pihak yang hadir dalam penyuluhan ini.

Selanjutnya adalah kegiatan ALSA Care yang merupakan rangkaian dari kegiatan ALSA Care And Legal Coaching Clinic ALSA Local Chapter Universitas HAsanuddin. ALSA Care diadakan pada tanggal 10 Desember 2017 di Benteng Rotterdam Makassar. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai komunitas dan organisasi peyandang disabilitas. ALSA Care dihadiri sekitar 150 penyandang disabilitas serta beberapa masyarakat umum karena kegiata ini memang dibuka secara umum. Kegiatan ini juga ditujukan sebagai perayaan Hari Disabilitas Internasional yang dilaksanakan Oleh ALSA Local Chapter Universitas Hasanuddin sebagai bentuk upaya pengenalan Hari Disabilitas Internasional kepada masyarakat khususnya di Kota Makassar bahwa mengenai HDI yang belum diketahui oleh banyak orang. Kegiatan dimulai pada pukul 06.00 WITA berupa kegiatan senam pagi oleh seluruh peserta dan panitia, kemudian dilanjutkan dengan sarapan pagi. Lalu seluruh peserta bermain games bersama didampingi oleh panitia. Setelah permainan games, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada peserta yang berhasil memenangkan permainan dengan  berbagai kategori serta penyerahan hadiah doorprise kepada beberapa peserta.

Kegiata dilanjutkan dengan makan siang bersama kemudian diakhiri dengan penutupan yang dirangkaina dengan perayaan HDI secara simbolik yaitu pelepasan balon ke udara serta pemotongan nasi tumpeng. Kegiatan ini juga diselingi berbagai penampilan seni dan bakat yang dmiliki oleh penyandang disabilitas dari berbagai komunitas atau organisasi seperti dancer, bernyanyi, dll. Kegiatan berakhir pada pukul 12.00 WITA. Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan ALSA CLCC yang dilaksanaka oleh Universitas Hasanuddin dampak memberikan manfaat kepada masyarakat penyandang disabilitas. Kami berharap dengan kegiatan ini, akan lebih banyak lagi masyarakat lain khususnya mahasiswa yang memperhatikan keberadaan mereka terutama di dunia perkampusan. Karena kami meyakini bahwa sebenarnya mereka tidaklah memiliki kekurangan yang begitu besar hingga banyak orang yang mengeyampingkan keberadaan mereka. Mereka memiliki bakat dan kemampuan yang luar biasa bahkan melebihi orang normal lainnya. Terimakasih.

Berikut foto-foto kemeriahan Event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017: