ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017 Juga Hadir Di UNPAD!

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
25 Dec 2017
ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017  Juga Hadir Di UNPAD!

ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017 (ALSA CLCC)  merupakan acara sosial yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penyandang difabilitas. Dilaksanakan dalam 3 rangkaian acara, ALSA CLCC 2017 yang diselenggarakan oleh ALSA Local Chapter Universitas Padjadjaran ini diadakan pada tanggal 14 Desember 2017 untuk Pre Event dan tanggal 16 Desember 2017 untuk ALSA Care dan ALSA Legal Coaching Clinic.

Rangkaian acara pertama yaitu Pre Event yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 14 Desember 2017 yang berlokasi di Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran Kampus Jatinangor. Di pre event ini diberikan materi sosialisasi oleh Masyarakat Peduli Autisme (MPATI) yang bertema “Autism is Not a Joke”. Dalam pre event ini dibahas tentang pengertian autisme secara umum, bagaimana cara menghadapi autisme, dan masalah seputar autisme. Tujuannya agar mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran lebih peduli dan aware terhadap penyandang autisme dan anak berkebutuhan khusus lainnya.

Selanjutnya adalah ALSA Care yang diselenggarakan di Taman Saparua Bandung pada tanggal 16 Desember 2017. Di acara yang dibuka untuk umum ini kami mengundang beberapa SLB untuk bermain dan menampilkan performance seperti bernyanyi, membaca puisi, tari tradisional, dan fashion show. Kami juga mengundang beberapa pembicara dalam sesi Talk Show kepada orangtua anak-anak difabel. Tujuan dari acara ini adalah agar anak-anak difabel serta orangtua lebih percaya diri secara fisik maupun psikologis.

Acara yang terakhir yaitu ALSA Legal Coaching Clinic yang digelar di Hotel Papandayan Bandung pada tanggal 16 Desember 2017. Di acara yang bertujuan untuk memberikan hak hak kepada atlit difabilitas ini, kami mengundang beberapa atlit dari NPC dan Sekolah Humaniora serta pembicara-pembicara dari NPC, Dispora Jabar, Kemenpora, Kemensos, dan LBH. Dalam acara ini kami memaparkan hukum yang terkait yaitu UU No. 8 Tahun 2016, yang kemudian dalam sesi tanya jawab terdapat pro dan kontra antara peserta dengan pihak NPC dan Dispora, yang berujung kepada kesepakatan untuk bermediasi ulang antara Dispora, NPC, dan perwakilan atlit difabel.

Berikut foto-foto kemeriahan event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017 di Universitas Padjajaran: