Mengintip Keseruan Event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017 di UI

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
25 Dec 2017
Mengintip Keseruan Event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017 di UI

ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017 “Justice Knows No Label, Everyone is Able” adalah acara sosial yang diselenggarakan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai kaum difabel dan membantu mereka memperoleh pelatihan dalam berbisnis.

Guna meningkatkan kesadaran masyarakat FHUI akan permasalahan penyandang difabel, ALSA CLCC 2017 menyediakan games “Wheel of Fortune” dimana jika pemain mendapatkan warna yang ditunjuk, pemain dapat mengambil kertas di box masing – masing warna. Dalam box tersebut berisikan fakta – fakta mengenai disabilitas dan juga terselibut voucher Go-Pay jika beruntung. Di dalam Pre-Event juga tersedia photobooth yang dapat langsung dicetak

Untuk Main Event, terdapat tiga rangkaian acara Opening Ceremony, Paralegal, dan Carenival. Opening Ceremony ALSA CLCC 2017 diadakan pada hari Jumat, 11 November 2017 di Lobby Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Rangkaian Opening Ceremony terdiri dari talkshow dengan tema “Develop Entrepreneur Goals” yang akan dibawakan oleh Zulfan Dewantara selaku Trainer BukaLapak dan Bussines Motivator, dan Permas Alamsyah selaku Ketua Himpunan Pelaku Seni Indonesia tentang bagaimana para penyandang disabilitas telah berhasil dalam melakukan bisnis mereka. Selain itu juga terdapat penampilan tari dari Yayasan Siswa Terpadu Himpunan Seni Diferensia Indonesia (HIPSDI). Acara ditutup dengan simbolisasi membuka gimmick.

  • Diskusi publik “Paralegal” bertemakan“The Fulfillment of The Disabled's Rights in Terms of Entrepreneurship Training”. Guna para penyandang disabilitas memiliki kesempatan untuk menyampaikan asiprasi mereka terkait pelatihan kewirausahaan oleh Pemerintah DKI Jakarta. Acara ini diselenggarakan pada hari Jumat, 11 November 2017 di Auditorium FHUI, Pukul 13:00 - 15:00 WIB.

Dengan pembicara:

  1. Irwandi, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) DKI Jakarta
  2. Prakaso Budi Susetiyo, S.E., M.M., Deputi Bidang Pengembangan SDM Kementerian Koperasi dan UKM
  3. Leindert Hermeinadi, Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) DKI Jakarta
  4. Dio Ashar Wicaksana S.H., M.A., Peneliti MaPPI FH UI

 

Selanjutnya diadakan Pelatihan Kewirausahaan mengenai pembuatan Memorandum of Understanding (MoU) yang dibawakan oleh Fajar Multazam selaku Managing Partners in Fajar & Syah Lawfirm dan Head of Legal Corporate in OIG Asia.

ALSA CLCC 2017 ditutup dengan “Carenival” yang diselenggarakan pada hari Minggu, 12 November 2017 di Balai Kota Jakarta pada pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Carenival terdiri dari Bazaar dan Festival dari para penyandang disabilitas. Dalam rangka menunjukkan peduli kami kepada penyandang difabel, kami menyediakan fasilitas untuk para penyandang difabel untuk menjual barang dagangan mereka. Acara dimulai dengan pelatihan strategi bazaar dari Program OK-OCE (One Kecamatan – One Center of Entrepreneurship), kemudian disambut dengan ibu Mien Rahman Uno dan dilanjutkan dengan penampilan vocal dari Yayasan Siswa Terpadu Himpunan Seni Diferensia Indonesia (HIPSDI) dan Alia Karim bersama Guntur dari FHUI.

Berikut foto-foto kemeriahan Event ALSA Care and Legal Coaching Clinic 2017:

1.