5 Kota Terbaik Di Dunia Untuk Kuliah

Kevin Akbar Harlambang
Posted By Kevin Akbar Harlambang
18 Nov 2017
5 Kota Terbaik Di Dunia Untuk Kuliah
sumber: Nciul

1. Paris

Картинки по запросу Paris
foto: telegraph
 
Paris memiliki 17 perguruan tinggi yang lebih nyaman dari seluruh kota di dunia, kecuali London. Paris juga memiliki reputasi sebagai tempat yang mahal untuk hidup. Namun ibukota Perancis ini mematok biaya kuliah yang relatif rendah dibanding kota-kota populer lainnya. Lulusan universitas di Paris dicari oleh berbagai macam perusahaan di seluruh benua. Universitas Paris elite seperti ENS Paris, Ecole Polytechnique, Sciences Po dan Sorbonne telah menghasilkan sejumlah filsuf, ahli teori, ilmuwan, dan matematikawan yang telah memberi banyak kontribusi bagi dunia. Belum lagi perkembangan dalam literatur, film dan seni. Mahasiswa di Paris dapat menikmati pendidikan yang baik dengan ukuran kelas kecil dan pengajaran intensif, meskipun biayanya rendah. Paris dinilai sebagai salah satu kota paling layak huni di Eropa karena memiliki angka kualitas hidup yang tinggi.
 
2. London

Картинки по запросу London
foto: Alom travel
 
Fasilitas berkelas dunia seperti The British Library, yang merupakan salah satu koleksi buku dan manuskrip paling banyak di dunia, membuat London menjadi magnet bagi mahasiswa dan peneliti. Selain menjadi pusat akademisi, London juga salah satu pusat budaya dan kreativitas terbesar di dunia. Ibukota Inggris ini terkenal karena kehidupan malam dan keberagamannya. London juga merupakan salah satu pusat keuangan terpenting di dunia, sehingga sangat menarik untuk lulusan yang ingin bekerja di perusahaan. Kota ini menjadi tempat yang populer untuk mencari pekerjaan di bidang media, seni, serta sejumlah industri lainnya. Untuk mahasiswa asing, biaya kuliah di universitas ternama London mendekati biaya kuliah di Amerika Serikat. Sedangkan biaya sewa dan biaya hidup di kota ini termasuk tinggi di antara kota-kota Inggris lainnya. Namun biaya yang mahal layak bagi pengalaman berkuliah dengan fasilitas kelas dunia, peluang profesional, pertemuan budaya, serta sejarah yang unik.
 
3. Singapura

Картинки по запросу Singapura
foto: galena
 
Selain semakin menonjol di sektor pendidikan tinggi, Singapura terkenal akan kemakmuran dan rendahnya tingkat kriminalitas serta pengangguran. Lulusan universitas di Singapura banyak dicari oleh perusahaan internasional, terutama Asia. Budaya Singapura merupakan campuran dari budaya Cina, Melayu dan India yang berpengaruh pada empat bahasa resmi. Universitas di Singapura merupakan salah satu yang paling beragam di dunia. Sayangnya, biaya hidup di sana mahal. Namun Kamu tidak perlu keluar uang untuk pemanas sentral, sebab kota ini berada di sebelah khatulistiwa yang membuatnya panas sepanjang tahun. Dan jika Kamu suka menikmati alam, Singapura dikelilingi oleh pemandangan tropis. Kamu bisa bepergian ke berbagai tempat eksotis yang dekat seperti Kamboja, Vietnam dan Filipina.
 
4. Sydney

Картинки по запросу Sydney
foto: lonelyplanet
 
Kota ini memiliki banyak pilihan perguruan tinggi, komunitas mahasiswa yang sangat internasional, dan jumlah lulusan bekerja yang banyak. Selain sebagai pusat keuangan dan ekonomi Australia, Sydney dikenal karena panorama yang menakjubkan. Kota ini memiliki pelabuhan, rumah opera, ruang terbuka hijau di dalam kota, dan pantai yang paling surgawi bukan hanya di Australia, tetapi di dunia. Kota ini masuk dalam daftar sepuluh kota paling layak huni oleh Mercer dan The Economist. Seperti Melbourne, Sydney juga memiliki komunitas siswa yang besar dan beragam, dengan lima universitas. Pilihan terbaik adalah University of Sydney (peringkat 38 di dunia) dan University of New South Wales (peringkat 52 di dunia).

5. Melbourne

Картинки по запросу Melbourne
foto: timeout

Melbourne merupakan salah satu kota yang memiliki keberagaman mahasiswa paling tinggi. Kota ini juga mendapat nilai yang baik dalam kegiatan kerja dan kualitas hidup. Dikenal sebagai modal budaya Australia, Melbourne sering disebut sebagai salah satu kota paling baik untuk ditinggali di dunia. Kamu dapat menikmati pantai yang indah, kehidupan malam, acara budaya, dan proporsi hari-hari cerah yang wajar. Namun Melbourne memiliki biaya pendidikan internasional yang relatif tinggi, ditambah biaya hidup yang juga tinggi. Jika Kamu mampu secara finansial atau memperoleh beasiswa, kota ini merupakan salah satu tujuan studi yang paling menarik. The University of Melbourne Australia menduduki peringkat 31 di dunia, sementara Monash University juga termasuk dalam daftar 100 universitas terbaik dunia.