Yuk! Menilik Sistem Pendidikan Di Korea Selatan

Kevin Akbar Harlambang
Posted By Kevin Akbar Harlambang
18 Nov 2017
Yuk! Menilik Sistem Pendidikan Di Korea Selatan
sumber: cnn

Korea selatan menempati peringkat 11 di dunia berdasarkan Program Penilaian Siswa Internasional (Program for International Student Assessment) yang dijalankan oleh OECD. Rata-rata siswa pun seringkali menempati ranking tertinggi pada tes komparatif internasional. Korea Selatan menerapkan jam sekolahnya jauh lebih lama yaitu sekitar 50 jam perminggu. Berikut adalah kunci sukses Korea Selatan mendapatkan predikat 20 besar pendidikan terbaik di dunia. Penasaran?

1. Sistem Jenjang Taman Kanak-Kanak

Картинки по запросу TK di korea selatan
foto: buahhati

Untuk sekolah Taman Kanak-Kanak “Youchiwon” dimulai usia 3 tahun hingga 6 tahun. Siswa diperbolehkan masuk sekolah ini jika sudah mencukupi usianya. Namun, ada juga sekolah yang menerima siswa usia 2 tahun. Sekolah ini berseling sehari sekolah dan sehari tidak, hanya berdurasi beberapa jam saja dan sekolah ini hanya milik swasta. Pra sekolah ada yang milik negara dan swasta. Untuk pra sekolah swasta, pemerintah tetap membantu, mengawasi dan memperhatikan sepenuhnya terhadap pengolahan sekolah-sekolah TK ini.

2. Sistem Jenjang SD

Картинки по запросу SD  di korea selatan
foto: YEHET!

Sebelum masuk ke Sekolah Dasar, biasanya para siswa pra sekolah akan dibawa berkunjung ke SD untuk sekedar melihat-lihat bagaimana sekolah mereka selanjutnya. Pada umumnya anak yang masuk Sekolah Dasar menerima surat pemberitahuan ijin masuk sekolah pada bulan Februari dan awal Maret. Baru setelah itu, mereka bisa mendaftar pada Sekolah Dasar.


3. Sistem Pendidikan

Картинки по запросу SD  di korea selatan
foto: YEHET

Korea sangat terobsesi dengan pendidikan. Pendidikan benar-benar ditekankan kepada siswa. Seberapa keras siswa belajar? Selama bertahun-tahun, siswa pergi ke sekolah dari jam 8 pagi sampai lewat tengah malam. Hal ini dikarenakan setelah selesai sekolah, mereka harus menghadiri pendidikan khusus untuk mencoba untuk meningkatkan kinerja akademis mereka. Mereka diprioritaskan untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian masuk perguruan tinggi yang sangat ketat, yang banyak mendukung masa depan mereka. Di Korea, jika kita masuk sebuah universitas bergengsi, maka kita akan memperoleh kesempatan yang baik untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang baik.