Keseruan Acara ALSA CARE X Legal Coaching Clinic (CLCC) 2017

Kevin Akbar Harlambang
Posted By Kevin Akbar Harlambang
13 Nov 2017
Keseruan Acara ALSA CARE X Legal Coaching Clinic (CLCC) 2017

ALSA Local Chapter UGM telah mengadakan acara ALSA CARE X Legal Coaching Clinic (CLCC) 2017 yang bertemakan ““ Equality in The Eyes of Law Through Self Expression”, Acara ini diadakan pada tanggal 28- 29 Oktober 2017 untuk memberikan kesempatan pada kaum difabel untuk menyuarakan keluh kesahnya dalam kemasan seni hingga aspirasi yang akan didengar oleh pihak umum, serta perwakilan dari berbagai Dinas di Yogyakarta seperti Dinas Tata Ruang, Kesehatan juga Dinas Sosial. Acara ini merupakan disambut dengan kesan yang sangat baik, karena merupakan cerminan dari demokrasi yang bersifat inklusif serta memberikan kesempatan bagi Kaum Difabel untuk menyuarakan keluh kesahnya.



Acara ini bertujuan untuk membangkitkan kepedulian masyarakat terhadap kaum disabilitas dan juga untuk memberikan gambaran yang jelas mengenai hak-hak mereka yang masih belum terakomodir secara maksimal di Indonesia. Pada Tahun 2016 lalu,  hak-hak mereka telah diatur dalam Hukum No 8/2016 Tentang Disabilitas, namun realitanya masih banyak hal-hal yang belum terealisasikan secara baik dalam aspek fasilitas, kesempatan hingga posisi mereka pada kehidupan permasyarakatan. Maka dari itu, peran dari CLCC adalah untuk mendengar suara – suara dari pihak terkait dan juga untuk memberi gagasan-gagasan solusi yang dapat berguna kelak. Acara ini juga dibagi menjadi beberapa rangkaian yaitu Panggung Ekspresi, Penyuluhan Hukum dalam bentuk Café Diskusi, Forum Aspirasi Difabel bersama Kedinasan serta ditutup oleh Bioskop Bisik yang dibuat untuk umum.




Di akhir acara, semua peserta Difabel diberikan Materi Hukum Terkait untuk selalu mengingatkan mereka akan hak-haknya, serta Release dari Forum Aspirasi Difabel akan pula di terbitkan di Koran Kompas serta Website Platform Advokasi Media Solider untuk menawarkan gagasan-gagasan segar dari pihak-pihak difabel untuk menjadi konsiderasi pemerintah demi membuat kebijakan publik yang lebih bijak lagi dan memberikan kesejahteraan bagi semua rakyat tanpa terkecuali.

 

Kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh dari segenap ALSA Local Chapter UGM, Pihak yang memberikan materi selaku pemantik Forum yaitu Ibu Purwanti selaku bagian dari SIGAB ( Sasana Integrasi Advokasi Difabel Yogyakarta) , Dinas Kesehatan Yogyakarta,Dinas Tata Ruang Yogyakarta, Dinas Sosial Jawa Tengah, Komunitas Ikatan Tuna Netra Muslim Indonesia, Komunitas Brailleant Yogyakarta, UKM Peduli Difabel Yogyakarta, Komunitas Teater Selasar, Yayasan Tuna Netra Muslim Yaketunis, Media Relation (Radio Geronimo Yogyakarta, Radio Prambors dan Delta Yogyakarta dan Koran Kompas)