Begini Cara Bersikap yang Sopan dan Santun yang Bisa Diterapkan di Tempat Kerja

Riswanto
Posted By Riswanto
09 Nov 2017
Begini Cara Bersikap yang Sopan dan Santun yang Bisa Diterapkan di Tempat Kerja

Sumber: Ajapaworld.com.

 

Menjadi santun sangatlah diperlukan di berbagai tempat, terutama di tempat kerja. Tapi tidak jarang orang masih bingung bagaimana menempatkan diri agar sopan lewat tuturan. Nah, berikut ini ada skala kesopanan dalam bertutur yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari menurut Geoffrey Leech. Dijamin tidak akan bingung lagi!

 

 

  1. Cost Benefit Scale

 

Sumber: Elliswhittam.com

 

Cost benefit scale atau skala kerugian keuntungan merujuk pada seberapa besar untung rugi yang disebabkan oleh sebuah tuturan. Nah, jika kamu ingin dianggap sopan, upayakan setiap tuturanmu merugikan diri sendiri dan menguntungkan bagi orang lain. Misalnya dengan banyak memuji lawan tutur dan mengurangi pujian terhadap diri sendiri.

 

  1. Optionality Scale

 

Sumber: Blog.pickfu.com.

 

Optionality scale atau skala pilihan merujuk pada seberapa banyak alternatif pilihan yang bisa kamu tawarkan kepada lawan tuturmu, Kids. Semakin banyak alternatif pilihan yang kamu berikan, maka semakin sopanlah kamu. Misalnya, tidak memaksakan kehendak pribadi kepada lawan tutur tapi memberikan beberapa pilihan yang seyogyanya juga diinginkan lawan tutur,

 

  1. Indirectness Scale

 

Sumber:123rf.com.

 

Skala ketidaklangsungan merupakan skala yang mengukur kesopanan dari langsung atau tidak langsungnya maksud tuturan yang kamu utarakan. Semakin tidak langsung maka semakin sopan dan begitu pun sebaliknya. Misalnya ketika kamu ingin mengungkapkan sesuatu tentang lawan tuturmu di tempat kerja, kamu menyampaikannya secara tidak langsung dan cenderung berbelit-belit.

 

  1. Authority Scale

 

Sumber: Bbc.co.uk.

 

Authority scale adalah skala bersikap sopan yang diukur berdasarkan status sosial penutur. Semakin jauh status sosial penutur maka akan semain sopan tuturan yang disampaikan. Ini bisasanya terjadi antara bawahan dan atasan. Nah, karena ada jarak status sosial di tempat kerja, kamu sudah seharusnya bersikap sopan.

 

  1. Social Distance Scale

 

Sumber: Laurahorelli.com.

 

Skala Jarak sosial merupakan cara bertindak yang didasarkan pada jarak hubungan sosial antara penutur. Semakin dekat kamu dengan seseorang, semakin tidak sopan pula tuturanmu pada orang tersebut dan begitu pun sebaliknya. Jadi kamu tidak bisa berkata seenaknya pada orang yang baru kenal di tempat kerja.