Begini Cara Bersikap Sopan dan Santun yang Bisa Diterapkan di Tempat Kerja (Bagian 2)

Riswanto
Posted By Riswanto
09 Nov 2017
Begini Cara Bersikap Sopan dan Santun yang Bisa Diterapkan di Tempat Kerja (Bagian 2)

Sumber: Ajapaworld.com.

 

Menjadi santun sangatlah diperlukan di berbagai tempat, terutama di tempat kerja. Tapi tidak jarang orang masih bingung bagaimana menempatkan diri agar sopan lewat tuturan yang diutarakan. Nah, setelah sebelumnya kita memberikan tips cara bertutur yang sopan dan santun cara Geoffrey Leech, kali ini ada cara bertutur sopan dan santun cara Robin Lakoff.

 

  1. Skala Formalitas

 

Sumber: Sundaynews.co.zw.

 

Skala formalitas merupakan skala kesantunan yang menitikberatkan pada tuturan yang tidak bersifat memaksa atau angkuh terhadap lawan tutur. Skala ini menganjurkan dua orang penutur yang sedang berkomunikasi tetap menjaga nilai-nilai kesopanan dengan tidak mencela pihak lawan tutur. Usahakan tuturanmu tidak mengikat secara kasar karena hal tersebut bisa menimbulkan hubunganmu dengan rekan kerja menjadi tdak harmonis.

 

Misalnya, ketika mendapatkan hasil kerja rekanmu yang tidak beres, upayakan tegur dia dengan sikap bijaksana, tidak dengan nada tinggi apalagi membentak.

 

  1. Skala Ketidaktegasan

 

Sumber: Huffingtonpost.com.

 

Skala Lakoff satu ini serupa dengan optionality scale-nya Geoffrey Leech. Untuk dianggap santun dalam bertutur, kamu tidak boleh memaksakan kehendak lawan tuturmu. Sebaiknya kamu menawarkan minimal dua pilihan yang tidak hanya menguntungkanmu secara pribadi tapi juga bisa menguntungkan lawan tuturmu.

 

Misalnya ketika kamu membutuhkan bantuan rekan kerja untuk mengerjakan sesuatu, usahakan untuk menanyakan terlebih dulu apakah dia sedang sibuk atau tidak. Ini memberikan rekan kerjamu kebebasan untuk bertindak.

 

  1. Skala Persamaan atau Kesekawanan

 

Sumber: Evesly.com.

 

Skala kesekawanan adalah skala kesantunan yang menganjurkanmu untuk menempatkan lawan tuturmu bukan sebagai orang asing melainkan sebagai seorang teman. Ini dmaksudkan agar terjadi keakraban yang tentunya bisa menunjang komunikasimu dengan rekan kerjamu agar menjadi lebih baik. Yang perlu diperhatikan adalah, buatlah tuturanmu dengan lawan tuturmu sewajar dan senatural mungkin, Kids.