Kenalkan Sir John Cornforth, Pria Google Doodle Hari Ini

Riswanto
Posted By Riswanto
10 Sep 2017
Kenalkan Sir John Cornforth, Pria Google Doodle Hari Ini

Foto: Thefamouspeople.com.

 

Google Doodle hari ini (7/09) menampilkan sosok pemenang Nobel Kimia tahun 1975, Sir John Cornforth. Beliau dipilih karena jasanya di dunia kesehatan sekaligus untuk merayakan ulang tahunnya yang ke-100.

 

John pernah menerima penghargaan Nobel di tahun 1975 atas jasanya meneliti stereokimia reaksi bersama Vladimir Prelog. Penelitian ini memberikan kontribusi yang luar biasa dalam perkembangan dunia medis, terutama dalam pengobatan penyakit kolestrol.

 

Sir John Conforth merupakan satu-satunya pemenang nobel kimia asal Australia. Ia dilahirkan di Sydney pada 7 September 1832. Ia melalui masa kecilnya di Sydney dan New South Wale.

 

Ada yang menarik mengenai Sir John Conforth di balik prestasinya yang luar biasa. Di usia 10 tahun, John mengalami gejala gangguan pendengaran. Pendengarannya hilang secara total saat menginjak usia 20 tahun dan berlanjut sampai John meninggal dunia.

Karena memiliki masalah pendengaran, John mengalami kesulitan dalam mengikuti perkuliahan di Sydney University. Untuk mengatasinya ia belajar sendiri secara langsung dari buku-buku kuliah. Kimia menjadi bidang yang dipilih oleh John berdasarkan arahan yang diberikan oleh Leonard Basser, guru dari Sydney Boys High School.

 

Pada tahun 1939, Sir John Cornforth berhasil mendapatkan beasiswa di Oxford University. Penelitiannya bersama Vladimir Prelog mengenai stereokimia ia mulai di Oxford.

 

Sir John Cornforth meninggal di Britania Raya pada 18 Desember 2013 di usia 96 tahun. Selama hidupnya ia telah menerima banyak perhargaan, beberapa diantaranya: Pedler (1968), Ernest Guenther Award (1968), The Prix Roussel (1972), dan Stouffer prize (1967).