Yakin Malas ke Museum Kalau Bangunannya Secantik Ini?

Riswanto
Posted By Riswanto
06 Sep 2017
Yakin Malas ke Museum Kalau Bangunannya Secantik Ini?

Untuk beberapa traveller, museum bukanlah destinasi yang sering dimasukan ke dalam bucket list perjalanan. Kesan tempat yang membosankan dan jadul menjadi alasan mengapa museum tidak menarik untuk dikunjungi. Kamu mungkin salah satu dari mereka, Kids.

 

Tapi apa kamu masih tetap malas mengunjungi museum jika museum memiliki keindahan seperti museum-museum di bawah ini?

 
1. The Louvre Museum, Perancis

 

Foto: LinkedIn.

 

Nama The Louvre Museum atau Museum Louvre pasti sudah tidak asing lagi di telingamu. Di dalam museum ini kamu akan menjumpai lukisan fenomenal Leonardo da Vinci, Mona Lisa. Tidak hanya Mona Lisa, arsitektur museum juga menjadi daya tarik tersendiri untuk para wisatawan.

 
2. The Museum of Islamic Art, Qatar

 

Foto: Qm.org.qa.

 

Dibuka tahun 2008, museum yang terletak di Doha ini memiliki 5 bagunan utama. Desain museum ini dikerjakan oleh arsitektur terkenal I.M. Pei. Pei adalah orang di balik keindahan Louvre, jadi tidak heran The Museum of Islamic Art ini juga memiliki keindahan yang tidak kalah saing dengan museum kebanggaan Perancis itu.

 
3. The City of Art and Sciences, Spanyol

 

Foto: Belabenedek.com.

 

Dibuka untuk umum pada 1998 dan menghabiskan biaya sekitar 1 miliar euro, keindahan museum ini tidak usah dipertanyakan lagi. Santiago Calatrava adalah orang yang bertanggung jawab atas desain arsitektur museum yang dikalim sebagai karya terbesar Santiago ini.

 
4. The Art Gallery of Alberta, Canada

 

Foto: Edmontonattractions.com.

 

Museum ini memiliki lebih dari 6 ribu karya seni kontemporer. Sebagai tempat yang menampung karya sebanyak itu, Alberta sudah sepantasnya didesain dengan desain yang atraktif. Ini diperlihatkan lewat interior dan eksterior yang aktraktif. Salah satu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah atap bergelombang yang dijuluki Borealis.

 
5. Museum Ordos, Tiongkok

 

Foto: Arch Daily.

 

Percaya atau tidak, museum cantik ini berdiri di atas gurun, tepatnya di tengah Gurun Gobi, Kota Ordos. Ordos sendiri dijuluki Kota Hantu oleh penduduk setempat. Tapi berkat proyek yang dimulai pada tahun 2004, kota ini menjadi salah satu kota dengan konsep futuristik di Tiongkok. Bisa banget nih, Kids, untuk dikunjungi.

 
6. Soumaya Museum, Mexico

 

Foto: Architizer.com.

 

Digagas oleh Carlos Slim, Museum Soumaya berdiri di tengah Mexico City. Museum ini dibuka tahun 1994 dan dalam proses pengerjaannya berhasil menggunakan sekitar 16 ribu plat alumunium berbentuk heksagonal. Tidak heran gedung museum satu ini tampak cantik dengan kilauan pantulan sinar matahari ya, Kids.

 
7. Museum Holon, Israel

 

 

Ron Arad adalah arsitek yang mengerjakan desain museum ini. Sama seperti Alberta, Museum Holon juga dibangun untuk seni dan kebudayaan. Bentuk dan warnanya yang unik nan menarik membuat museum ini termasuk ke dalam salah satu museum indah yang ada di dunia.

 
8. The Acropolis Museum, Yunani

 

Foto: Yourholidayhomes.com.

 

Berbeda dengan desain museum-museum sebelumnya, The Acropolis Museum memiliki desain futuristik dengan sentuhan klasik. Museum ini dibangun tahun 2003 dan dibuka untuk publik pada 20 Juni 2009. Museum ini menampung artefak-artefak Yunani kuno, Kids. Jadi selain mengagumi keindahan bangunan, kamu juga bisa menambah pengetahuan sejarahmu.

 
9. The Van Gogh Museum, Belanda

 

Foto: Wikipedia.

 

Siapa yang tidak kenal Vincent Van Gogh? Lukisan Van Gogh yang indah menginspirasi dibangunnya museum khusus yang didedikasikan untuk Van Gogh. Museum ini dibuka pada 2 Juni 1973. Bentuknya yang sederhana di tengah padang rumput membuat museum ini terlihat cantik.

 
10. Yad Vashem Holocaust Museum, Israel

 

Foto: Yadvashem.org.

 

Meskipun alasan di balik pembangunan diilhami dari tragedi pembantaian Yahudi, tapi siapa sangka museum ini memiliki desain interior yang menakjubkan. Museum Tad Vashem dibangun untuk mengenang para korban yang meninggal karena pembantaian. Kamu bisa banget datang ke sini untuk menambah pengetahuan sejarah sekaligus mengagumi keindahan yang dimiliki museum.

 

Itu tadi 10 museum yang akan membuatmu tidak malas lagi untuk berkunjung. Desain uniknya yang pasti akan membuatmu betah berlama-lama baik untuk menambah pengetahuan atau berfoto. Jika akan berkunjung ke salah satunya, pastikan baterai kamera penuh.