5 Tempat Magang untuk Mahasiswa Hukum

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
14 Mar 2015
5 Tempat Magang untuk Mahasiswa Hukum

Magang merupakan salah satu cara untuk mempraktikkan keilmuan di bangku kuliah ke dalam dunia pekerjaan. Di beberapa kampus, magang dijadikan sebagai mata kuliah wajib, tapi ada juga kampus yang tidak mensyaratkannya. Lalu apa pentingnya magang?

Magang akan memberikan kamu banyak pengalaman baru di dunia pekerjaan sebelum benar-benar terjun di dunia pekerjaan setelah lulus. Setidaknya kamu akan merasakan kebiasaan para pekerja di tempat yang sedang kamu jadikan tempat magang. Ini dia lima tempat yang GudLak ID sarankan untuk para mahasiswa hukum:

1. Mahkamah Konstitusi
Sumber: http://www.rumahpemilu.com/spaw/uploads/images/article/thumb/20140818_025540_MahkamahKonstitusi.jpg


Instansi pemerintahan sekelas MK membuka kesempatan magang bagi mahasiswa hukum bahkan non hukum. Informasi tidak disiarkan secara terbuka dan kamu cukup datang untuk menanyakan program pemagangan untuk periode liburan. Minimal satu bulan kamu akan menjadi bagian dari 'amunisi' MK dan merasakan duduk di dalam persidangan. Biasanya para mahasiswa konsentrasi hukum tata negara akan sangat optimal berada ditempat ini.

2. Kementerian Luar Negeri
Sumber: http://www.poskantor.com/wp-content/uploads/2012/10/kantor-kemenlu-ri.jpg

Setiap tahunnya Kemenlu membuka kesempatan untuk para mahasiswa menjalani magang di kantor Kemenlu. Biasanya mahasiswa konsentrasi hukum international akan sangat optimal berada di tempat ini. Silahkan klik lebih lanjut di http://kemlu.go.id/Pages/Career.aspx? IDP=3&l=en.

3. Kantor Advokat

Sumber: http://www.sopiansitepu.com/wp-content/uploads/2014/08/sliders.jpg

Hal yang paling umum dilakukan oleh para mahasiswa hukum adalah magang di kantor advokat. Selain bisa merasakan menjadi pekerja, ilmu menangani klien juga bisa dijadikan pengalaman yang luar biasa. Caranya mudah, kamu hanya perlu mendatangi kantor advokat yang dituju dan membawa surat serta proposal magang yang ditandatangani oleh pihak kampus. Biasanya mahasiswa dengan konsentrasi pidana akan sangat optimal berada di tempat ini.

4. Kantor Notaris
Sumber: http://www.gudlakid.com/img/article/1421413849246533105_Tempat_magang_untuk_mahasiswa_hukum_(kantor_notaris)_(interiordesignerina.blogspot_.com)_1.jpg

Sama halnya dengan kantor advokat, magang di kantor notaris pun juga memiliki konsep yang sama secara gambaran besar dengan magang di kantor advokat. Biasanya para mahasiswa konsentrasi perdata akan sangat optimal berada di tempat ini.

5. Pengadilan
Sumber: http://www.umm.ac.id/files/image/berita_luar/nasional/sidang-praperadilan-john-kei.jpg

Selain keempat tempat di atas, ada juga ruang magang lain, yaitu di Pengadilan. Biasanya mahasiswa hukum dengan konsentrasi hukum acara akan sangat optimal berada ditempat ini. Hampir di semua pengadilan membuka kesempatan untuk merasakan bekerja dengan status magang, namun tidak di-publish secara terbuka, oleh karena itu kamu harus pro aktif mendatangi dan mencari informasi.


Jangan lupa! Jika proses magang terlihat sulit karena informasi tidak terpublikasi secara terbuka, itu karena proses pemagangan dikembalikan pada kebutuhan masing-masing instansi.


Gud Lak Kids!