Mengintip Keseruan Idul Adha dari Berbagai Negara

Riswanto
Posted By Riswanto
04 Sep 2017
Mengintip Keseruan Idul Adha dari Berbagai Negara

Foto: Dawn.com.

 

Idul Adha menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah ini, dirayakan dengan salat Idul Adha berjamaah dan berlanjut dengan pemotongan hewan kurban.

 

Nah, kali ini GudLak ID akan mengajak kamu mengintip keseruan suasana Idul Adha dari berbagai penjuru dunia. Simak keseruannya di bawah ini!

 
1. Pakistan

 

Foto: Dawn.com.

 

Menyembelih hewan kurban merupakan hal yang lumrah dilakukan ketika Idul Adha tiba. Begitu pun dengan yang terjadi di Pakistan. Namun sebelum hewan kurban disembelih, ada tradisi unik yang selalu dilakukan masyarakatnya. Beberapa hari sebelum Idul Adha, mereka akan beramai-ramai memandikan hewan kurban. Setelah dimandikan, masyarakat Pakistan akan menghias hewan kurban dengan berbagai macam pernak-pernik seperti kalung. Ini dilakukan agar hewan yang akan disembelih bersih dan untuk menarik perhatian pembeli hewan kurban.

 
2. Turki

 

Foto: 4themuslims.com.

 

Di Turki, menjelang Idul Adha semua bentuk pekerjaan diliburkan selama beberapa hari.  Tahun ini Turki bahkan meliburkan warganya selama 10 hari. Sebelum hari raya kurban, masyarakat Turki akan melakukan bayram temizligi, atau kebiasaan membersihkan rumah dan pekarangan. Mereka juga akan melakukan makan bersama dengan mengundang tetangga dan kerabat dekat. Kental dengan nuansa kekeluargaan ya, Kids.

 
3. Indonesia

 

Foto: Viva.co.id.

 

Di Indonesia, Hari Raya Idul Adha mungkin tidak semeriah Idul Fitri. Namun beberapa tradisi masih dilakukan umat Islam untuk menyambut Idul Adha, salah satunya adalah mudik. Meski tidak seramai Idul Fitri, para perantau kerap memanfaatkan Idul Adha sebagai kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga. Tidak heran, mudik juga mereka lakukan menjelang Idul Adha.

 
4. Arab Saudi

 

Foto: Timeanddate.com.

 

Tidak jauh beda dengan negara lain, Arab Saudi juga melakukan penyembelihan hewan kurban. Hanya saja, Idul Adha di sana lebih semarak daripada Idul Fitri. Masyarakat Arab Saudi akan menyembelih hewan kurban secara besar-besaran untuk selanjutnya membagikannya ke negara-negara kurang mampu sekitaran Afrika dan Asia. Daging tersebut akan dibekukan selama proses pengiriman agar lebih tahan lama.

 
5. Tiongkok

 

Foto: Boston.com.

 

Meskipun di Tiongkok muslim menjadi minoritas, namun Idul Adha tetap disambut dengan suka cita. Muslim Tiongkok akan melakukan ibadah salat ied di masjid secara berjamaah. Uniknya, perempuan tidak diperbolehkan ikut salat ke ied ke masjid. Jadi hanya laki-laki saja yang diperbolehkan, Kids.

 
6. Amerika Serikat dan Eropa

 

Foto: Nytimes.com.

 

Di negara-negara Barat, perayaan hari besar Islam tidak terlalu meriah layaknya negara-negara dengan mayoritas penduduk muslim. Muslim di sana akan merayakan Idul Adha dengan pergi ke masjid untuk salat ied dan bersilaturahmi ke sesama muslim. Setelah itu, mereka akan kembali ke rumah untuk berkumpul bersama keluarga sebelum akhirnya kembali ke menjalani aktivitas seperti biasanya.

 
7. India

 

Foto: Ensnews1.wordpress.com.

 

India bukanlah negara dengan penduduk mayoritas muslim. Pada hari Idul Adha, berbeda dengan negara lain yang bebas menyembelih hewan kurban, muslim India justru sebaliknya. Mereka sangat membatasi penyembelihan sapi. Ini dilakukan untuk menghormati penduduk India yang sebagian besar adalah penganut agama Hindu. Seperti yang kita tahu, sapi adalah hewan yang disucikan oleh penganut Hindu di India. Bentuk toleransi beragama yang patut ditiru ya, Kids.

 
8. Mesir

 

Foto: Boston.com.

 

Sama seperti di Arab Saudi, Idul Adha di Mesir lebih meriah daripada Idul Fitri. Untuk menyambutnya, pedagang akan libur berjualan selama beberapa hari. Kemudian, di hari Idul Adha, penduduk Mesir akan menyembelih hewan kurban seperti biasanya. Uniknya, mereka menyebelih hewan kurban di pinggir jalan. Darah dari hewan kurban akan dibiarkan tergenang sehingga jalan menjadi merah dan amis.

 
9. Jepang

 

Foto: Halalmedia.jp.

 

Jepang tidak memiliki tradisi khusus pada Hari Raya Idul Adha. Untuk merayakan Idul Adha, muslim di Jepang pergi ke masjid untuk salat Idul Adha dan bersilaturahmi ke sesama umat muslim. Kadang mereka juga menghabiskan waktu bersama dengan makan-makan sebelum akhirnya kembali ke aktivitas sehari-hari.

 
10. Maroko

 

Foto: Moroccoworldnews.com.

 

Di Maroko Idul Adha disebut juga sebagai Ied Kabir. Ini karena Idul Adha lebih semarak daripada Idul Fitri. Nah, kebiasaan masyarakat Maroko saat hari raya ini ialah pemyembelihan hewan kurban yang tidak dilakukan secara kolektif seperti di Indonesia. Mereka lebih suka menyembelih hewan kurban sendiri-sendiri. Selain itu, muslim Maroko selalu berkurban. Pemerintahnya bahkan sampai menyediakan pinjaman agar warganya bisa membeli hewan kurban.