Jalan-jalan Dapat Uang? Siapa Takut!

Riswanto
Posted By Riswanto
04 Sep 2017
Jalan-jalan Dapat Uang? Siapa Takut!

Foto: Misadventureswithandi.com.

 

Kerja rasa jalan-jalan adalah dambaan setiap orang. Bebas mengunjungi tempat-tempat eksotik tanpa terikat jam kerja dan ruang sempit atau jatah liburan yang sedikit. Dan yang terpenting dari itu semua, kamu dibayar untuk melakukannya! Siapa yang akan menolak jika kesempatan semacam ini datang, Kids?

 

Nah, berikut ini GudLak ID rangkum 10 pekerjaan yang memiliki cita rasa layaknya jalan-jalan. Kerja atau jalan-jalan, jalan-jalan atau kerja? Simak ulasannya di bawah ini!

 
1. Blogger

 

Foto: Auxilion.com.

 

Tidak ada jam kerja yang baku untuk seorang blogger. Hal inilah yang membuat seorang blogger bebas memiliki waktu dan tempat yang fleksibel untuk bekerja. Ini pula yang bisa kamu manfaatkan untuk pergi jalan-jalan. Apalagi jika kamu adalah travel blogger yang suka mengulas tempat wisata yang dikunjungi, jalan-jalan menjadi hal wajib untuk menghidupkan blogmu.

 
2. Wartawan

 

Foto: Themexicoreport.com.

 

Berburu berita memang tidak akan ada habisnya. Kamu yang tidak suka bekerja di dalam ruangan dan suka tantangan sangat cocok menjadi wartawan. Seorang wartawan akan bertemu orang-orang baru dengan latar belakang berbeda dan juga mengunjungi tempat-tempat baru. Tak jarang kamu akan ditugaskan meliput acara atau peristiwa yang mengharuskanmu pergi ke suatu tempat yang menarik untuk dikunjungi.

 
3. Pemandu Wisata

 

Foto: Intersport-zuercher.ch.

 

Dari namanya saja sudah jelas job description yang akan kamu pegang. Sebagai pemandu wisata, kamu akan melakukan perjalanan bersama wisatawan. Kamu akan menjadi sumber informasi mengenai destinasi wisata bagi para wisatawan.

 
4. Penulis Buku Perjalanan

 

Trinity di Machu Picchu. Foto: Pergidulu.com.

 

Kamu mungkin pernah menonton film The Nekad Traveler. Film ini diadaptasi dari buku berjudul The Naked Traveler yang dihimpun oleh traveler perempuan bernama Trinity. Kamu bisa meniru langkah Trinity mengabadikan perjalanan lewat kumpulan kisah perjalanan. Setelah kisah kamu cukup banyak, kamu bisa menerbitkannya. Jadi kamu melakukan perjalanan untuk mendapatkan uang, Kids.

 
5. Fotografer

 

Foto: Naturettl.com.

 

Bagi seorang fotografer menemukan objek foto yang menarik adalah sebuah anugerah. Apalagi jika ia adalah fotografer alam bebas. Jadi tidak heran dong, ya, jika seorang fotografer perlu melakukan perjalanan ke tempat-tempat eksotik untuk mengabadikan keindahan.

 
6. Surveyor Perusahaan Kontraktor

 

Foto: Theilamincident.wordpress.com.

 

Pekerjaan lapangan selalu identik dengan sinar matahari dan debu, tapi bagaimana jika pekerjaan ini mengharuskanmu menjadi seorang penjelajah? Surveyor sebuah perusahaan kontraktor biasanya akan melakukan trip selama beberapa bulan ke tempat-tempat terpencil yang menjadi lokasi proyek. Tak jarang tempat yang dikunjungi memiliki keindahan tersendiri. Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang suka jalan-jalan, Kids.

 
7. Kru Acara Jalan-jalan

 

Foto: Backpackstory.me.

 

Pernah terpikir pergi menjelajah surga tersembunyi bersama teman dan dapat bayaran? jika iya, kamu bisa coba untuk menjadi kru acara jalan-jalan. Kamu bisa melakukan riset mengenai tempat-tempat wisata tersembunyi di pelosok Nusantara untuk dijadikan lokasi syuting, dan yang terpenting dari itu semua adalah kamu dibayar untuk melakukannya.

 
8. Antropolog

 

Foto: Voaindonesia.com.

 

Kamu suka mengunjungi suku-suku dan mempelajari adat istiadatnya? Antropolog bisa kamu jadikan profesi. Seorang antropolog dituntut untuk mempelajari manusia dengan mengedepankan aspek sejarah, bidang humaniora, dan ilmu sosial hayati. Jadi kamu tidak hanya melakukan jalan-jalan biasa, tapi juga mengkaji orang-orangnya.

 
9. Web Designer

 

Foto: Expertvagabond.com.

 

Meski seorang web designer tidak terlibat langsung dengan destinasi yang dikunjungi, tapi kesempatan yang dimiliki untuk jalan-jalan sangatlah terbuka lebar. Seorang web designer tidak memerlukan tempat khusus untuk bekerja. Ia bisa bekerja di mana saja. Itu artinya jika kamu menjadi web designer, kamu bisa dengan bebas membawa pekerjaanmu ke mana pun kamu pergi.

 
10. Akademisi

 

Foto: Gdanimalhealth.com.

 

Jangan salah menilai, Kids! Meskipun akademisi lebih identik bekerja di dalam ruangan, peluang untuk bekerja dengan rasa jalan-jalan juga bisa mereka dapatkan. Sebagai akademisi, dosen contohnya, terkadang dituntut untuk melakukan penelitian ke daerah-daerah. Tak sampai di situ, mereka juga biasa menghadiri seminar atau konferensi di berbagai tempat termasuk di luar negeri. Jadi bisa kerja sekaligus jalan-jalan, kan.