10 Film Bollywood yang Wajib Kamu Tonton (Bagian 2)

Riswanto
Posted By Riswanto
04 Sep 2017
10 Film Bollywood yang Wajib Kamu Tonton (Bagian 2)

Setelah sebelumnya GudLak ID memberikan kamu 10 rekomendasi film Bollywood yang tidak kalah menarik dari film produksi Hollywood, kali ini GudLak ID akan merekomendasikan lagi 10 film Bollywood yang harus kamu tonton. Jika pada bagian pertama rata-rata film yang direkomendasikan bergenre drama, kali ini genre filmnya lebih beragam, Kids. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini!

1. Paa

 

 

Paa adalah film drama India yang dibintangi Amitabh Bachchan dan Abhishek Bachchan. Film rilisan 2009 ini menceritakan seorang anak yang mengidap progeria, suatu kondisi seseorang bertambah tua lebih cepat. Auro, sang tokoh utama, dibesarkan tanpa seorang ayah sampai suatu waktu tanpa disengaja ia bertemu dengan ayahnya. Keadaan tidak berangsung membaik setelah Auro bertemu ayahnya. Masa lalu orang tua Auro dan citra ayahnya sebagai politikus menjadi masalah lain yang harus dihadapi mereka. FYI, Kids, kamu tidak akan menemukan sosok karismatik Amitabh Bachchan di film ini.

 
2. My Name is Khan

 

 

Selanjutnya ada film garapan sutradara yang sudah biasa bekerja sama dengan Shah Rukh Khan, Karan Johar, berjudul My Name is Khan. Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan film ini, Kids. Dirilis tahun 2010, My Name is Khan berhasil mengumpulkan keuntungan sebesar USD 32 juta. Keuntungan yang didapat berbanding lurus dengan kualitas film. My Name is Khan sendiri bercerita tentang seorang muslim autis yang hidup di San Fransisco. Ketika menjalani harinya Rizwan, sang tokoh utama, jatuh cinta pada perempuan beragama Hindu. Ya, dari awal film penonton memang sudah digiring pada konflik keagamaan, dan puncak dari konflik tersebut adalah peristiwa 9/11 yang menyisakan trauma bagi warga Amerika sekaligus memunculkan islamophobia.

 
3. Neerja

 

 

Dari drama kita beralih ke genre thriller. Ada Neerja, film rilisan tahun 2016 lalu. Neerja adalah rekonstruksi kisah nyata seorang pramugari bernama Neerja Bhanot. Perempuan yang saat itu berumur 22 tahun ini mendedikasikan hidupnya untuk menyelamatkan sekitar 300-an lebih penumpang pesawat Pan Am dari pembajakan yang dilakukan Abu Nidal Organization pada tahun 1986. Di film Neerja, kita akan disuguhkan aksi heroik Neerja Bhanot dan betapa mencekamnya berada dalam pesawat yang dibajak.

 
4. Taare Zameen Par (Like Stars on Earth)

 

 

Taare Zameen Par atau Like Stars on Earth adalah film yang disutradarai sekaligus dibintangi oleh aktor kenamaan Aamir Khan. Film rilisan tahun 2007 ini menceritakan seorang anak yang selalu mengalami kegagalan di sekolah karena dislexia. Latar belakang keluarga yang terpandang membuat anak ini dibebani banyak ekspektasi dari orang tuanya. Sampai suatu saat, seorang guru berusaha membantu dengan memaksimalkan potensinya yang lain. Inspiratif ya, Kids. Tidak heran jika film ini terpilih untuk menjadi perwakilan India di ajang Academy Award tahun 2009.

 
5. Mohabbatein

 

 

Apa jadinya jika dua legenda perfilman Bollywood dipertemukan dalam satu film? Apa yang terjadi di Mohabbatein adalah jawabannya. Film yang disutradarai Aditya Chopra ini menjadi salah satu film terlaris di tahun 2000 dan sampai saat ini berhasil megumpulkan sekitar USD 1.070.000. Kesuksesan film ini tidak lepas dari jajaran pemain papan atas seperti Amitabh Bachchan, Shah Rukh Khan, dan Aishwarya Rai. Mohabbatein bercerita tentang tiga mahasiswa yang jatuh cinta. Sayangnya sistem sekolah yang konservatif menjadi masalah tersendiri, hingga suatu saat seseorang datang untuk membantu mereka melawan sistem sekolah tersebut.

 
6. Queen

 

Queen adalah film drama komedi India yang disutradarai Vikas Bahl. Film ini dirilis tahun 2013 dan dibintangi Kananga Ranaut. Bercerita tentang seorang perempuan bernama Rani yang berkunjung ke Paris dan Amsterdam untuk melampiaskan kekecewaannya karena batal menikah. Di Paris dan Amsterdam ia bertemu dengan orang-orang baru, dari merekalah Rani mendapatkan cara menikmati hidup dan pelajaran hidup. Queen lihai memanfaatkan culture shock untuk memunculkan sisi komedi, namun tetap tidak lupa pada unsur drama.

 
7. Trapped

 

 

Sesuai dengan judulnya, Trapped merupakan film tentang bertahan hidup. Namun jangan bayangkan tokohnya harus bertahan hidup di alam bebas layaknya film 127 Hours, Kids. Sebaliknya Shaurya, sang tokoh utama, harus bertahan hidup di tengah hiruk pikuk kota. Shaurya diceritakan baru saja menempati apartemen baru di lantai paling atas. Pada suatu saat ada tragedi yang menyebabkan dirinya terkunci dari luar. Di sinilah kemampuan bertahan hidupnya diuji. Tanpa listrik, tanpa makanan, tanpa air, dan tanpa orang yang bisa dimintai pertolongan, Shaurya berusaha agar bisa keluar dari apartemennya sendiri.


8. Chennai Express

 

 

Chennai Express merupakan film drama komedi yang disutradarai Rohit Shetty. Shah Rukh Khan dipasangkan dengan Deepika Padukone dalam film ini. Bercerita tentang misi Rahul yang harus mengabulkan permintaan terakhir almarhum kakeknya untuk menaburkan abu jenazah di Rameswaram. Dalam perjalanan menuju Rameswaram, Rahul menghadapi masalah ketika ia bertemu dengan perempuan yang mFerupakan anak seorang pemimpin gangster.

 
9. Fan

 

 

Gaurav Chandna adalah penggemar sejati artis Bollywood bernama Aryan Khanna. Ia menontotn semua filmnya dan mengoleksi hal-hal berbau Aryan Khanna. Tapi yang paling menakjubkan adalah ia dilahirkan sama persis dengan Aryan Khanna. Singkatnya, ia seorang penggemar fanatik. Hingga suatu ketika terjadi peristiwa yang menjungkirbalikkan Gaurav. Ia berhenti mengidolakan Aryan dan mulai melakukan sesuatu yang mengerikan.

 
10. Gangs of Wasseypur

 

 

Gangs of Wasseypur bisa dibilang merupakan The Godfather-nya India. Film ini terdiri dari beberapa bagian. Film pertmanaya rilis pada tahun 2012 dan langsung mendapatkan sambutan hangat dari para kritikus film dunia dan berhasil masuk ke dalam jajaran film box office pada tahun yang sama. Pendapatan film ini pada penayangan domestiknya mencapai USD 4.3 juta. Dari segi cerita, sesuai dengan judulnya, Gangs of Wasseypur menampilkan problematika kehidupan para gangster India, Kids.