Atasi RasaTidak Percaya Diri Dengan Mengikuti UKM Ini, Hai Mahasiswa!

Riswanto
Posted By Riswanto
04 Sep 2017
Atasi RasaTidak Percaya Diri Dengan Mengikuti UKM Ini, Hai Mahasiswa!

Foto: Cermati.com.

 

Rasa percaya diri sangatlah penting bagi seorang mahasiswa. Selain berfungsi untuk memudahkan komunikasi, rasa percaya diri juga diperlukan untuk menyokong mahasiswa ketika terjun di masyarakat.

Lalu bagaimana jika rasa percaya diri seorang mahasiswa kurang? Tenang, UKM di bawah ini bisa membantumu menangani masalah itu.


1. Mahasiswa Pecinta Alam

Foto: Mapala.ui.ac.id.

 

Mahasiswa Pecinta Alam atau biasa dikenal dengan Mapala, adalah unit kegiatan yang terdiri dari sekumpulan mahasiswa yang memiliki perhatian khusus pada lingkungan. Mereka sering melakukan kegiatan outdoor seperti mendaki gunung, panjat tebing, dan sebagainya. Nah, jika kamu memiliki masalah dengan kepercayadirian, UKM ini bisa menjadi solusi. Beberapa kegiatan Mapala yang kadang tidak hanya mengandalkan kekuatan otot tapi juga kemampuan otak bisa melatihmu untuk mengatasi segala masalah dengan cermat. Kemampuan mengatasi masalah inilah yang akan menambah rasa percaya dirimu, Kids.

 
2. UKM Teater

 

Foto: Anakui.com.

 

Untuk sebagian orang bicara di depan umum adalah hal biasa, namun untuk sebagian lagi adalah bencana. Jika kamu seorang mahasiswa, masalah semacam ini tidak boleh kamu abaikan. Sebagai agen perubahan kamu harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik agar niatmu untuk membawa perubahan positif bisa dimengerti orang. Latihlah kemampuanmu berdiri di muka umum dengan bergabung dengan UKM teater. Kamu akan terlibat dalam suatu pementasan teater yang ditonton oleh banyak orang. Manfaatkanlah situasi ini untuk melatih rasa percaya diri, niscaya kamu mampu mengatasi rasa minder saat bicara di depan umum.

 
3. Koperasi Mahasiswa

Foto: Kopma.petra.ac.id.

 

Koperasi mahasiswa sangat cocok untuk mahasiswa yang tertarik untuk wirausaha namun kurang percaya diri pada kemampuan yang dimiliki. Masalah klasik mahasiswa calon wirausahawan adalah takut gagal dalam menjalankan bisnisnya. Untuk mengatasi hal ini koperasi mahasiswa adalah tempat yang tepat. Ilmu tentang cara mengelola bisnis, manajemen risiko, dan sebagainya akan dipelajari secara langsung di UKM ini. Ketika ilmu dari koperasi mahasiswa sudah diserap, dijamin mahasiswa tidak akan ragu untuk memulai mengelola bisnis sendiri.

 
4. Lembaga Pers Mahasiswa

 

Foto: Oxu.az.

 

Hampir sama dengan nomor dua, rasa tidak percaya diri juga kerap timbul ketika seseorang harus bertemu orang baru. Meski terdengar sederhana namun bagi sebagian kalangan menjalin komunikasi dengan orang baru tidaklah mudah. Kemampuan adaptasi yang tinggi mutlak diperlukan agar mudah membaur. Di unit kegiatan pers mahasiswa kamu akan dituntut untuk mewawancarai orang dari berbagai golongan, mulai dari akademisi sampai masyarakat biasa. Pengalaman bertemu bermacam-macam karakter inilah yang akan mengembangkan daya adaptasimu ketika bertemu dengan orang baru sehingga kamu bisa lebih percaya diri.