Fresh Graduate? Pikirkan Hal Ini Sebelum Memulai Bekerja

Kevin Akbar Harlambang
Posted By Kevin Akbar Harlambang
01 Sep 2017
Fresh Graduate? Pikirkan Hal Ini Sebelum Memulai Bekerja
foto: Vemale.com

Untuk seorang fresh graduate terkadang begitu banyak memikirkan hal-hal yang sebenarnya tidak begitu penting dalam periode awal kariernya. Berikut akan diulas sedikit tentang beberapa hal pokok yang setidaknya dapat kamu pikirkan terlebih dahulu agar mendapatkan sebuah pekerjaan. Berikut hal pokok yang harus dipikirkan oleh fresh graduate. Ini ulasannya.


1. Jangan menyerah terhadap penolakan
 
Namanya juga hidup, kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi kedepannya. Bila kamu begitu sering mendapatkan penolakan dalam upaya mencari kerja. Jangan berputus asa, “bukankah bila satu pintu tertutup, maka pintu yang lain akan terbuka”. Jangan sampai masalah-masalah itu menaklukanmu. Tapi kamu lah yang menaklukan mereka. Sudah menjadi wajar untuk seorang ”lulusan baru” kerap kali ditolak beberapa perusahaan yang menginginkan sebuah pengalaman untuk menempati posisi yang dibutuhkan.


2. Pengalaman lebih utama dari uang
 
Hal pertama yang dibutuhkan seorang fresh graduate dalam meniti karier ialah sebuah pengalaman, kesampingkan dahulu perihal upah atau benefit lainnya. Karena pengalaman itu jauh penting untuk masa depan kamu selanjutnya. Ambilah ilmu sebanyak-banyaknya dengan pekerjaan pertamamu nantinya. Dan bila kinerjamu baik dan semakin lihai di bidang yang sedang kamu geluti bukankah uang beserta bonus akan menghampiri kamu nantinya kids?

 
3. Tingkatkan kualitas dengan banyak mengambil kesempatan
 
Salah satu syarat menjadi pekerja yang memiliki kualitas tinggi ialah harus pandai dalam mengambil kesempatan dan peluang yang ada. Bahkan ia mampu untuk menciptakan peluangnya sendiri. Hindari dulu hasrat kamu yang ingin bersegera dalam mengeluh, dengan cara bekerja lebih giat dan lebih fokus dibanding hari-hari kamu yang sebelumnya. Karena seperti kutipan dari Sir Edmund Hillary yang merupakan orang pertama yang menginjakkan kakinya di puncak Everest, yaitu puncak gunung tertinggi yang ada di planet bumi. Bahwa ia pernah mengatakan kutipan yang cukup menginspirasi banyak orang, “Ternyata bukan gunung yang harus kita taklukkan, melainkan diri kita sendiri”. Dalam kutipan tersebut kita dapat menyimpulkan bahwa dalam menghadapi suatu kesukaran, bukan kesukaran itu yang harus kita taklukan. Namun kesukaran yang ada didiri kita lah yang harus ditaklukan, seperti ego, rasa takut dan semacamnya.

Itulah hal-hal yang harus kamu fikirkan sebelum meniti karir ketika kamu baru lulus dari institusi mu. Semoga bermanfaat!