Manfaatkan Awal Semestermu Untuk Mendapatkan Tambahan Uang Saku

Riswanto
Posted By Riswanto
15 Aug 2017
Manfaatkan Awal Semestermu Untuk Mendapatkan Tambahan Uang Saku

foto: tribun lampung

Untuk sebagian mahasiswa semester baru kerap menjadi sesuatu yang ditunggu-tunggu. Setelah liburan usai, semangat untuk kuliah sudah pasti terisi kembali. Tak hanya itu, untuk mahasiswa yang gesit dan tertarik belajar wirausaha, semester baru bisa menjadi ladang mengeruk tambahan uang saku. Tidak memerlukan modal yang banyak atau bahkan tidak bermodal sama sekali, berikut ini adalah hal yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan tambahan uang saku di awal semester baru.


1. Jasa Pembelian Buku Secara Kolektif

Image result for beli buku

foto: wartakota

Buku selalu menjadi bagian wajib yang harus dimiliki mahasiswa. Perlunya referensi untuk mengerjakan tugas dan materi perkuliahan menjadi alasan mengapa buku wajib ada di tas mahasiswa. Nah, di awal semester, dosen mata kuliah kerap memberikan beberapa judul buku yang harus dimiliki untuk mengikuti mata kuliahnya. Kamu bisa memanfaatkan momentum ini dengan cara membuka jasa pembelian buku secara kolektif. Keuntungannya lumayan besar untuk menambah uang saku, apalagi jika kamu membeli buku-buku itu langsung ke pihak distributor atau penerbit.


2. Menjual Atribut Kampus

Image result for atribut kampus
foto: youth movement

Pada pembukaan tahun akademik baru seperti sekarang ini, setiap universitas sudah dipastikan akan melakukan penyambutan mahasiswa baru. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini untuk menambah uang saku. Bagaimana caranya? Tentu saja dengan menjual atribut dan serba-serbi lain yang berhubungan dengan kampus. Euforia dan antusiasme mahasiswa baru terhadap dunia perkuliahan dan lingkungan kampus bisa kamu manfaatkan dengan berjualan jaket, t-shirt, topi, stiker, gelas, atau suvenir seperti gantungan kunci dan gelang universitas.


3. Tender Pembuatan Almamater Organisasi

Image result for almamater ui
foto: youth manual

Untuk yang satu ini tidak boleh kamu lewatkan. Mengapa? Karena keuntungan yang bisa kamu dapatkan bisa sangat besar. Sudah selazimnya setiap organisasi, baik itu UKM atau pun himpunan mahasiswa, membuat almamater angkatan organisasi. Almamater ini bisa berupa jaket atau kemeja. Kamu bisa menawarkan harga terbaikmu kepada koordinator organisasi. Tentu dengan perhitungan matang dengan pihak penjahit ya, Kids.

 

Itu tadi 3 cara yang bisa kamu lakukan untuk menambah uang saku di awal semester, Kids. Apa kamu tertarik pada salah satunya?