5 Kampus Indonesia yang Menyediakan Program Double Degree

Tim Gud Lak ID
Posted By Tim Gud Lak ID
09 Jun 2015
5 Kampus Indonesia yang Menyediakan Program Double Degree

Sumber: http://www.lenouveleconomiste.fr/wp-content/uploads/2014/10/double-cursus.jpg

Double degree
program juga memberikan keuntungan dengan gelar yang anda berikan. Anda akan mendapatkan kualifikasi baik dari PT asal dan juga PT partner. Anda akan dapat gelar SE., B.Com atau MM, MBA hanya dengan kuliah 3.-4 tahun tapi kualifikasi yang didapat setara dengan kuliah 6-8 tahun. Sungguh menguntungkan bukan?

Ini dia universitas di Indonesia yang sudah melaksanakan program gelar ganda dalam satu periode versi rekomendasi GudLak ID:
1. Universitas Pelita Harapan (UPH) 
Universitas swasta ini menyediakan program double degree baik itu murni atau kerja sama dengan universitas rekanan. Adapun jurusan atau program studi yang ditawarkan di UPH sendiri adalah matematika terapan dan informatika. Sedangkan jurusan atau program studi yang ditawarkan melalui kerja sama dengan universitas luar negeri yaitu manajemen dan akuntansi. Bekerjasama dengan Universitas RMIT di Melbourne, Australia.

2. Universitas Gadjah Mada (UGM) 
Salah satu universitas unggulan di Indonesia ini membuat program double degree dengan bekerjasama dengan universitas rekanan di luar negeri. Seperti Universitas Flinders di Australia (program studi master administrasi publik, manajemen dan manajemen rumah sakit), Universitas Ibaraki di Jepang (master pertanian), Universitas Kobe, Universitas Hiroshima, Universitas GRIPS, Universitas Keio, Universitas Ritsumeikan, Universitas Ritsumeikan Asia Pacific, Universitas Takushoku (program studi ekonomi, ekonomi pembangunan, manajemen dan akuntansi), dan masih banyak lagi.

3. Universitas Indonesia (UI) International Class 
Untuk program double degree ini, UI melalui kelas internasionalnya membuka kelas program sarjana dan master bekerja sama dengan universitas rekanan di luar negeri. Untuk jurusan atau program studi sarjana yang ditawarkan yaitu teknik sipil, teknik elektro, mesin, arsitek, dokter, ilmu komputer, psikologi, ilmu ekonomi, manajemen, akuntansi dan komunikasi. Sedangkan jurusan atau program studi master yang ditawarkan yaitu kesehatan masyarakat, manajemen, kesehatan lingkungan, epideniology risk health, ilmu ekonomi dan manajemen.

Info : old.ui.ac.id/id/academic/page/kelas-internasional

4. Universitas Brawijaya (UB) 
Salah satu universitas andalan warga Jawa Timur ini membuka program double degree untuk master (S2). Jurusan atau program studi yang ditawarkan Universitas Brawijaya yaitu matematika, kimia, fisika, ilmu ekonomi, ilmu komputer, teknik mesin, teknik sipil, ilmu tanaman, agroteknologi, ilmu binatang, biologis perairan, biomedik, administrasi bisnis, administrasi publik, manajemen, ilmu ekonomi dan ekonomi pertanian)

Info:
The Secretariat of Double Degree 6th Floor of Rectorate Building Universitas Brawijaya
Telp     : (0341) 551611 ext 184
Fax      : (0341) 565420
E-mail  : doubledegree[at]ub.ac.id
Web     : dd.ub.ac.id

5. Universitas Airlangga (UNAIR)
Selain Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (UNAIR) juga tidak mau kalah meningkatkan kualitas pendidikan dengan melaksankaan program double degree.

Info:
International office and partnership UNAIR
Selasar lt 2 kantor manajemen UNAIR
Jl Mulyorejo, Surabaya
Telp     : (031) 5966864
Fax      : (031) 5955582
Web     : international.unair.ac.id/english/index.php/international-program/double-degree

6. Universitas Islam Indonesia (UII)
Universitas Islam pertama di Indonesia yang melaksanakan program double degree ini menjadi pionir Universitas Islam lainnya untuk bersaing meningkatkan mutu pendidikan di level global. Untuk sekarang, UII baru membuka jurusan atau program studi bidang ekonomi.
Info:
International Program Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Jl. Prawiro kuat, Condongcatur, Sleman, Yogyakarta 55283
Telp     : (0274) 881721
Fax      : (0274) 4477665
Email   : interpro@fe.uii.ac.id

Akhirnya, program double degree ini merupakan suatu tantangan di masa depan bagi perguruan-perguruan tinggi di Indonesia untuk menjadi World Class University. Selain memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar negeri, program ini juga memberikan kesempatan bagi PT untuk mendapatkan mitra/partner dari luar negeri. Sehingga harapannya kerja sama tidak saja hanya dalam bentuk akademik tetapi juga dalam bidang riset.

So Kids, have you decided yet? GudLak Kids!